Bienvenue sur mon blog..
Merci pour visiter..


Selasa, 27 Desember 2011

Holiday : Boring or Enjoy Time?

Hello everybody..
It's time for blogging, because it's HOLIDAY.. XD

Aku benci jika waktu luangku hanya sedikit, karena selalu saja aku tidak mempunyai waktu untuk menuangkan ide-ideku, padahal kupikir banyak sekali ide-ide yang sempat singgah tetapi aku tak cukup berminat untuk segera menulisnya..

Baiklah, jadi minggu ini adalah minggu terakhir liburan semester dan lebih tepatnya, tak lama lagi tahun baru akan tiba.. How do you think about 2011 and what do you wish for the next year??

But, keep your answer and pay attention to my story first, okay?? :p

Menghabiskan liburan di rumah, tanpa pergi ke manapun padahal rapotmu bagus, benarkah membosankan?? Oh tidak tidak, tanpa rapot baguspun pasti kebanyakan dari kita selalu mengharapkan liburan berada di tempat yang berbeda dari tempat kita biasa beraktivitas.. Mungkin ke luar kota atau bahkan ke luar negeri..

Ya, benar saja, bisa jadi membosankan, teman-teman, tetapi jika kau tak mengerti bagaimana cara membuat liburanmu menyenangkan alih-alih membosankan.. Oh no, what do I mean?? Gini aja deh, lingkungan yang begitu-begitu saja kerap membuat suasana terasa monoton dan itulah yang membuatmu mudah bosan.. Jika benar, terima kalimatku ini, tetapi jika salah, kau bisa membantahnya.. Tetapi, gunakanlah daya kreativitasmu, buatlah sesuatu yang tidak monoton, di luar kebiasaan, tanpa menuntut dana maupun sumber daya yang besar, dan enjoy your holiday..

Baiklah, kupikir menggunakan waktu liburan untuk melahap buku-buku itu layaknya kita berpetualang lebih dari sekedar berwisata.. Tak perlu juga kau membeli buku, kau bisa meminjam ataupun membacanya secara gratis di toko buku seperti G****DIA.. #ups :D

Membaca itu banyak memberi informasi, teman-teman, juga hiburan, sudah tau kan?? Tidak perlu membaca buku-buku ilmiah yang berat untuk mendapat informasi yang menarik, tetapi cukup buku-buku ringan yang kau sukai dan nikmati itu.. Apapun isinya, itu adalah informasi bagimu, karena bukankah sebelumnya kau tidak mengetahui isi buku itu?? Well, tentu saja ini bukan saran untuk mengulang membaca buku yang pernah kau baca, kecuali jika kau mudah kehilangan ingatan terhadap isi buku.. Tetapi jika kau benar-benar jenius dan tak memerlukan waktu banyak untuk mendapatkan informasi, maka sudahlah, lupakan tulisanku, aku tak sejenius dirimu..

Lagipula, membaca juga bisa mengasah daya ingat, kok, teman-teman.. Jangan sia-siakan otakmu selama liburan.. Dia tak pernah senang terlalu lama beristirahat lho, dia butuh latihan.. Supaya nanti ketika semester baru dimulai, otakmu mampu menghemat energi dari beradaptasi kembali dengan hal-hal yang menyibukkan bernama pelajaran.. Well, itu hanya istilahku..

Dan untuk liburan kali ini, aku sedang berusaha menyelesaikan novel Eoin Colfer, Artemis Fowl : Opal's Deception dan buku tebal "BIOLOGI" karya Campbell, Reece, dan Mitchell.. Wow, bukannya sok-sokan membaca buku-buku semacam itu, tetapi buku-buku itu memang keren.. Opal's Deception menceritakan tantang pixie jenius Opal Koboi yang ingin menguasai dunia dan dalam usahanya dia harus berhadapan dengan opsir LEP Holly Short yang sejauh yang aku baca, sedang berusaha menjadikan Artemis Fowl, tokoh kriminal remaja jenius berusia 14 tahun, sebagai sekutunya.. Entah bagaimana cerita ini berakhir, aku belum menyelesaikannya.. Yang aku tahu, Eoin Colfer sungguh hebat, dia banyak menggunakan istilah ilmiah yang mengagumkan meskipun pembaca harus bekerja keras memeras otak (jangan kau samakan dengan memeras cucian) dan harus terdiam sejenak untuk bisa mengerti ataupun membaca beberapa kalimat berulang kali demi mendapatkan pemahaman yang benar.. Tetapi overall, kau akan merasa begitu terlibat di dalam cerita ketika membacanya.. Sungguh deh, tetapi jika kau tidak merasa demikian, tolong cukuplah untuk tidak menyalahkanku karena aku menulis apa yang aku rasakan.. :p

Lalu tentang buku "BIOLOGI" super tebal karya pengarang sekaligus pengajar hebat dari universitas-universitas keren di dunia, Dr. Campbell - University of California, Dr. Reece - Palo Alto, dan Dr. Mitchell - University of Montana yang merupakan buku yang diterbitkan dalam 3 jilid yang membahas seluk-beluk tentang biologi dari unit terkecil yaitu sel hingga ke tingkat ekosistem.. Apapun pertanyaanmu tentang biologi, mungkin saja kau bisa menemukannya di sini, jika kau cukup gigih mencari di antara tulisan-tulisan yang kecil dengan jumlah halaman yang, yeah, bisa dikata cukup banyak..

Jika kau merinding melihat ulasanku tentang buku, tenang saja, tidak hanya dengan buku kau bisa menikmati liburan.. Kau bisa menonton film jika kau ingin mendapatkan informasi dengan cara yang mungkin, kupikir, lebih ringan.. Hehehe..

Seperti film Letters to God yang kurang lebih akan melunakkan hatimu bahwa banyak hal yang mampu kau syukuri di dunia ini dan betapa berharganya keluarga dan sungguh menyenangkan untuk menceritakan semuanya kepada Tuhan dan menguras air mata dan sangat menyentuh dan aku jadi senang sekali menulis surat untuk Tuhan seperti yang dilakukan oleh Tyler, tokoh utama dalam film ini dan jika kau penasaran, tonton saja sendiri karena aku tak pandai bercerita..

Ada juga Letters to  Juliet yang sungguh romantis tentang cinta pertama yang terwujud setelah 50 tahun #jika aku tidak salah.. Entah bagaimanapun, film tersebut benar-benar membuatku terkesan selain karena terlihat jelas keindahan kota Verona dan sekitarnya di sana..

Kemudian Toy Story 3 yang membuatku terharu akan kesetiaan Woody kepada sahabat-sahabatnya, begitu pula Andy, sang pemilik mainan, yang begitu tampan, eh maksudku menyayangi mainan-mainannya.. Itu menunjukkan betapa berartinya waktu yang telah dilalui bersama untuk begitu saja disingkirkan..

Entah film apalagi yang kutonton dalam liburan ini, aku sedikit lupa..

Tetapi bukan berarti menghabiskan waktu liburan dengan berwisata tidak baik.. Itu sangat baik, teman, jika kau memang memiliki kemampuan untuk itu.. Seperti pergi ke kota-kota besar dan berkunjung ke museum, kau bisa belajar banyak hal.. Belajar keanekaragaman juga sejarah.. Berkunjung ke tempat wisata yang banyak orang asingnya juga baik, jika kamu mempunyai rasa percaya diri yang baik, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa asingmu, bukan?? Pasti seru deh.. Atau bagi kalian yang hanya tinggal menunggu bulan untuk menjadi mahasiswa baru mungkin mengunjungi calon universitas adalah ide yang bagus.. Paling tidak, hal itu sebagai langkah awal adaptasimu di sana..

Atau, kau juga bisa memanfaatkan waktu untuk berolahraga.. Jarang-jarang kan ada waktu luang buat olah raga?? Sayangi tubuhmu.. Olah raga itu bisa membuat metabolisme stabil sehingga selain menyehatkan juga mampu mencegahmu dari obesitas.. Gak perlu yang berat-berat, cukup jogging atau bersepeda selama kurang lebih 30 menit, itu bisa membuatmu segar bugar seperti sugar.. #eh

Bisa juga nih, belajar memasak dan membuat kerajinan tangan.. Hal-hal semacam itu memang tidak hebat untuk dilakukan, tetapi jika kau mengerti betapa dibutuhkannya kesabaran juga kemampuan yang baik, kau akan melihat betapa luar biasanya kegiatan seperti itu.. Meskipun hasilnya sederhana, tetapi itu sungguh istimewa karena itu mengandung usahamu.. Kau pasti akan merasakan kepuasan sendiri selain bisa mengasah kemampuan untuk menjadi orang yang multitalented.. Well, tapi ini bukan jaminan lho.. Just FYI, jadi orang yang multitalented itu enak lho, bakalan banyak yang membutuhkan, apalagi jika kamu perempuan, kamu akan bisa menjadi ibu rumah tangga yang hebat, sekalipun kamu adalah wanita karir..

Selain itu, liburan bisa menjadi waktu yang bagus untuk kita merenung.. Acapkali kesibukan sekolah, kuliah, atau bekerja menjadi penghalang bagi kita untuk berintrospeksi atau "ngaca".. Ayo move on teman-teman jika pribadimu yang sekarang tidak cukup baik atau bahkan sangat buruk.. Jika hidup terus berlanjut tetapi kau tak pernah merasa berguna, apa gunanya waktumu selama ini??

Lalu aku mendapatkan sebuah pengalaman berharga dari hasilku merenung..

Pertama, tentang aku sebaiknya tidak terlalu cuek..

Aku memang cuek, aku menyadarinya, tetapi semua itu sebenarnya karena aku tidak terlalu ingin mencampuri urusan orang alih-alih egois.. Aku hanya berusaha menempatkan diri pada tempat yang tepat, tetapi kebanyakan justru menilainya sebagai "aku sangat tidak peduli pada orang lain".. Baiklah, mungkin memang tidak baik terlalu tidak ingin mengetahui tentang keadaan orang lain karena bisa saja orang lain mengharapkan kepedulianmu, eh, kepedulianku tanpa ia ingin mengutarakannya.. Yeahh, aku harap aku mampu memperbaiki diri dan, tanpa bantuan teman-teman, mungkin itu tidak akan terlalu mudah..

Kedua, tentang berhenti senang menyalahkan [bukan mencari-cari kesalahan, meskipun terkesan mirip] tanpa ingin disalahkan..

Inilah mungkin sisi egois dan individualisnya aku.. Selain suka membantah, aku juga sulit menerima kesalahan.. Teman-teman, ini jelas-jelas sungguh tidak baik, jadi kuharap, kita semua bisa bersama-sama menjadi lebih lapang dada karena manusia memang tempatnya salah..

Sesempurna apapun, manusia pasti pernah berbuat salah karena manusia memiliki nafsu, sekalipun memiliki logika, itupun tak membantu karena logika hanya berfungsi terhadap hal-hal yang reasonable sementara tidak semua hal yang terjadi di dunia ini dapat dinalar.. Kita punya hati, teman, gunakan itu secara sinergis dengan logika..

Ketiga, tentang bagaimana rasanya diabaikan sahabat..

Aku tak mengerti apakah benar-benar sahabat jika ia mengabaikan kita atau apakah karena aku secara tidak sengaja sering melakukannya sehingga aku dipaksa untuk merasakan karma.. Yang aku mengerti adalah bahwa saat ini aku merasa ditinggalkan seseorang yang mulanya kupikir dia sahabatku.. Aku akan sangat menyesal jika memang aku yang bersalah, tetapi dia bahkan tidak mengatakan apa salahku.. Ya kupikir mungkin memang dia bosan berteman denganku karena aku menyebalkan atau karena mungkin dia bukan benar sahabatku.. Hanya itu kupikir pilihannya.. Apapun itu, jika memang aku bersalah, aku minta maaf ya, selama ini aku menganggap kamu sahabatku kok kalau itu yang ingin kau perjelas dariku sehingga kau tidak lagi menjauhiku..

Kemudian aku tak tahu apalagi yang harus kutulis karena aku sudah cukup capek dan tidak sabar untuk membagikannya kepada kalian..

Baiklah, sekian dan Selamat Libur Akhir Tahun.."

6 komentar:

  1. Semangat XD

    emang kalau liburan gw biasanya sibuk dengan membaca buku :3

    BalasHapus
  2. klo liburan lbih seneng baca komik hahah :))

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Wah benar" Buku Holic! salut deh bisa baca buku sbanyak itu, kalo novel sih oke" aja,
    tp klo biologi? waktu SMA dlu ngeliat covernya aja gw udah mau pingsan..
    hehehe

    oh iya boleh minta komentarnya gak di postingan yg ini gak?
    http://herzablog.blogspot.com/2011/11/seandainya-saya-menjadi-anggota-dpd-ri.html

    makasih yah sblmnya :)

    BalasHapus
  5. rajin banget 8) semangat belajarnya ya qaqak.

    dan kalo liburan itu enaknya internetan #iniapa

    BalasHapus
  6. @Pipit : makasih yuaa, iya dong, buku itu teman setia.. :D

    @Ca Ya : kamu suka komik?? wah, aku malah gabisa baca komik.. wkwk

    @Aulia : bukan, hehe, itu buku biologi umum.. Semangat ya dengan buku2 sekolah yg mbosenin.. #eh

    @Ian : ha?? padahal cuma baca 2 buku dan itu belum selesai udah dibilang buku holic, wkwk.. Okedeh sip kaka..

    @meutia : makasih, haha internetan sih ga cuma pas liburan.. wkwk

    BalasHapus